MASKAPAI Finnair dan bandara Helsinki di Finlandia, bekerja sama membuat sebuah terobosan baru dalam dunia penerbangan. Dan, memberi kesempatan kepada publik membentuk masa depan wisata udara internasional.
Makanan non-daging pada hari Senin, karaoke di pesawat, permainan catur virtual, dan perjodohan di bandara merupakan sedikit dari banyak ide yang disumbangkan Finnair, dan bandara Helsinki untuk para turis.
Ini merupakan usaha untuk mengembangkan, dan memajukan kesenangan pelanggan serta sebagai peran bandara Helsinki dalam menghubungkan Eropa, dan Asia.
Maskapai Finnair dan bandara Helsinki juga secara aktif mengajak para pelanggannya menyumbangkan ide-ide menarik, dan menawarkan hadiah yang tak kalah seru untuk ide paling inovatif.
"Tujuan kami adalah membuat perjalanan di udara terasa nyaman, dan menyenangkan dengan mengubah beberapa hal. Kami mengajak para pelanggan untuk berbagi ide-ide inovatif mereka dalam hal ini," kata Johanna Metsala, Customer Experience Manager Bandara Helsinki dalam rilis pers yang diterima okezone, Rabu (23/11/2011).
Finnair dan bandara Helsinki menekankan, bahwa ide-ide inovatif ini terbuka bagi siapapun yang menggemari wisata udara. Semua ide-ide tersebut dapat disumbangkan ke www.qualityhunters2.com sebelum 29 November mendatang. Pemenang akan dipilih oleh Finnair dan Bandara Helsinki dibantu dengan poling.
(Okezone travel)
CARA MUDAH BERBISNIS TIKET PESAWAT
Sabtu, 03 Desember 2011
Manjakan Penumpang......Maskapai & Bandara Ini Sediakan Catur Virtual
Gimana Rasanya Berdiri di Pesawat Selama 7 Jam ..??
Padek—Arthur Berkowitz tak akan pernah melupakan pengalaman terbangnya dengan maskapai US Airways Juli lalu. Betapa tidak. Selama penerbangan tujuh jam dari Anchorage menuju Philadephia, dia terpaksa berdiri. Itu dilakukan karena kursi yang seharusnya menjadi jatah dia diduduki penumpang sebelah yang obesitas.
"Saya tidak terbang dalam perjalanan dari Alaska menuju Philadelphia itu. Saya berdiri," keluhnya sebagaimana dilansir situs elliott.org. Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) itu pun mengakui kelalaian mereka yang membuat Berkowitz terpaksa berdiri sepanjang penerbangan. Padahal, Anchorage Philadelphia merupakan salah satu rute penerbangan domestik nonstop dengan durasi paling lama di AS.
Seharusnya penumpang di sebelah Berkowitz yang, konon, berat badannya 177,8 kilogram itu membeli dua tiket pesawat. Sebab, dengan ukuran tubuh sebesar itu, tak mungkin dia bisa duduk di satu kursi pesawat yang standar. Ketika itu, kru pesawat dengan nomor penerbangan 901 tersebut terpaksa menaikkan sandaran tangan dan merelakan kursi jatah Berkowitz diduduki penumpang yang obesitas.
Kepada media, pihak maskapai penerbangan mengatakan bahwa saat itu awak pesawat tak bisa berbuat apa-apa. Sebab, seluruh bangku penuh terisi dan mereka tak bisa membiarkan penumpang duduk di kursi pramugari. Akibatnya, Berkowitz harus berdiri sepanjang perjalanan. "Saya juga mempertaruhkan keselamatan karena tak bisa memakai sabuk pengaman saat lepas landas dan mendarat," lanjutnya.
Berkowitz yang tak terima diperlakukan tak adil lantas menuntut. Dia menggugat maskapai penerbangan tersebut dan meminta ganti rugi. Menurut Daily Mail, maskapai hanya menawarkan kompensasi USD 200 (sekitar Rp1,8 juta). Tapi, Berkowtiz menolak. Dia menuntut kompensasi minimal USD 800 (sekitar Rp7,2 juta). Hingga kini, pihak maskapai itu belum merespons tuntutan tersebut.
(dailymail/Padang Ekspres)
SUPPORT BY
Walah! Bahasa Inggris Pilot Buruk, Pesawat China Lepas Landas Tanpa Izin
Gara-gara kurangnya kemampuan berbahasa Inggris pilot, sebuah pesawat milik maskapai penerbangan China begitu saja lepas landas dari bandara Jepang tanpa otorisasi. Atas kejadian ini, maskapai tersebut, China Eastern Airlines berjanji akan meningkatkan keahlian bahasa Inggris para kru pesawatnya.
Meski tidak bersedia menjelaskan secara detail, namun maskapai itu berjanji akan "semakin memperbaiki kemampuan komunikasi bahasa Inggris para kru penerbangan kami untuk memastikan keselamatan penerbangan."
Maskapai China itu juga menyatakan pihaknya akan bekerja sama dengan investigasi yang dilakukan otoritas Jepang atas insiden yang terjadi Senin, 28 November lalu. Dalam insiden itu, pilot menerbangkan pesawatnya dari bandara Osaka padahal belum mendapat izin terbang dari para petugas pengawas lalu lintas udara. Kesalahpahaman itu terjadi karena kemampuan berbahasa Inggris pilot yang kurang.
"Eastern Airlines akan bekerja sama dengan investigasi dan akan sepenuhnya mempertahankan prinsip keselamatan adalah yang terutama dan beroperasi sesuai hukum," demikian pernyataan maskapai itu seperti dilansir AFP, Kamis (1/12/2011).
Saat itu pesawat tersebut mengangkut 254 penumpang. Meski terjadi kesalahpahaman antara pilot dan petugas pengawas lalu lintas udara, pesawat berhasil lepas landas dan mendarat dengan selamat di Shanghai.
(detikNews)
Misteri Cessna 172
Jatuhnya pesawat Cessna 172 milik PT Nusa Flying International School di Kawah Burung, Gunung Ciremai, Desa Cikaracak, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, masih menyimpan misteri.
"Sampai saat ini kami tak habis pikir, kok bisa pesawat jatuh di daerah Majalengka. Padahal berdasarkan hasil kajian ilmiah, sangat kecil kemungkinannya pesawat jatuh di daerah Kawah Burung," ungkap Kepala Tim Search and Rescue (SAR) evakuasi mayat, Yopi Haryadi, Rabu (30/11).
Dijelaskan Yopi, Tim SAR menjalankan tugas dengan berpatokan pada titik koordinat dan Emergency Locator Transmitter (ELT). Saat melakukan pelacakan, Tim SAR dan tim lainnya menemukan koordinat itu di Desa Cihawanjar, Lembang, Kab. Bandung Barat. "Titik koordinatnya 064607 South dan 1073343 East. Sehingga tim lebih berfokus melakukan pencarian di daerah tersebut," katanya.
Pencarian bahkan diperkuat dengan ditemukannya benda putih di lokasi tersebut, sehingga mereka melakukan pencarian lebih mendalam dengan mempergunakan jalur darat dan udara.
"Kalau mau jujur, secara ilmiah, penemuan pesawat di Majalengka itu enggak masuk logika ilmu penerbangan. Tetapi faktanya memang di sini dan inilah yang sedang kami analisis kembali. Jadi analisis tim sebelumnya meleset," tuturnya.
Hal senada diungkapkan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Sugiri Sukani, Kabupaten Majalengka, Mayor Psk. Is Budiarto. Ia mengatakan, pihaknya sependapat dengan analisis Tim Basarnas. Tujuan dari semua ini adalah mempermudah proses pencarian.
"Kalau melihat rute penerbangan dari Lanud Halim Perdana Kusumah Jakarta menuju Bandara Penggung Cirebon, rasanya tidak mungkin pesawat jatuh di lokasi saat ini," kata Danlanud saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (30/11).
Biasanya, ketika pesawat hilang kontak maka ia akan fokus pada titik awal koordinat terakhir dan pencarian dilakukan tidak jauh dari radius itu. Alasannya tentu untuk mempermudah proses pencarian dan tidak menghabiskan waktu mencari di tempat lain selain di Majalengka.
Sementara itu, Kapolres Majalengka, AKBP Lena Suhayati mengatakan, analisis jatuhnya pesawat sampai saat ini belum dilakukan dan masih menunggu tim. Sedangkan evakuasi pesawat masih menunggu kabar dari pemiliknya. "Kalau kajian mengenai jatuhnya pesawat belum ada, termasuk kapan pesawat dievakuasi karena belum ada informasi dari pihak sekolah penerbangnya," katanya.
(Gala Media)
SUPPORT BY
Penerbangan di Juanda Terancam Kawanan Burung
Gangguan burung semakin memusingkan pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya. Segala cara telah dicoba untuk mengusir burung-burung di sana. Mulai dari cara menembaki, hingga mengusirnya dengan suara predator buatan. Tetapi burung-burung itu tetap mengusik.
Gangguan burung pada pesawat (bird strike) sudah menjadi keprihatinan bagi banyak bandara di dunia. Serangan burung ini bisa mengakibatkan kerusakan pesawat yang tentunya membahayakan penerbangan itu sendiri. Pendaratan darurat pesawat di Sungai Hudson, New York Januari 2011 yang fenomenal itu juga akibat serangan burung.
Serangan burung ini merupakan satu dari sekian gangguan (hazard) penerbangan di Juanda. Gangguan lain adalah frekuensi radio ilegal, runway incursion (posisi yang tidak tepat di lokasi runway), green laser, dan layang-layang.
Menurut Kepala bagian Manajemen Keselamatan Bandara Internasional Juanda, PT Angkasa Pura (AP) I, Ponco Priyono, sebagian besar gangguan burung baru diketahui ketika pesawat sudah parkir di apron. Demikian pula dengan kapan serangan terjadi, waktu lepas landas atau mendarat.
"Mungkin karena pilot sedang dalam konsentrasi tinggi sehingga kurang memperhatikan hal itu. Tanda-tandanya ada bau seperti benda terbakar atau kalau tidak pilot juga merasakan ada grek grek pada mesin," kata Ponco, Selasa (29/11/2011) kemarin.
Ponco tidak bisa menyebutkan angka pasti bird strike yang dialami pesawat yang lalu lalang di Juanda. Namun ia menegaskan, jumlah burung yang hilir mudik di sekitar bandara itu sudah demikian mengkhawatirkan. "Pagi sekitar pukul 07.00 WIB burung burung itu mulai berangkat dari sisi Selatan menuju Utara, sore sekitar pukul 17.00 WIB baru balik lagi," kata Ponco menjelaskan pola hilir mudik.
Aktivitas burung yang tinggi sangat berkaitan dengan lokasi Bandara Juanda yang berdekatan dengan bentangan pantai timur Surabaya (Pamurbaya) yang memang menjadi rumah atau persinggahan ratusan spesies burung. Termasuk di dalamnya burung migran yang selalu berpindah dalam kurun waktu tertentu.
Ia menjelaskan aktivitas harian burung yang terbang berkelompok di sekitar bandara itu tentu saja merepotkan para pilot yang hendak take off maupun landing. Sehingga, harus ada langkah-langkah yang diambil untuk mengendalikan burung-burung itu.
Ponco mengakui, banyak hewan hewan kecil di sekitar kawasan bandara ini yang memicu kedatangan burung. "Bukan hanya kecebong (anak katak), tapi ulat yang ada di rumput rumput itu juga mengundang burung karena menjadi makanan burung," ujarnya.
Untuk menjaga agar burung burung itu tidak datang mencari makanan di rumput, petugas terus-menerus menjaga ketinggian dari rumput. Misalnya dengan pemangkasan rumput. "Ketinggian rumput ini harus selalu terjaga, antara 20–30 centimeter tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu pendek," imbuhnya.
"Bahkan kami pernah terpikir akan mencoba dengan cara memakai pawang burung untuk mengendalikan keberadaan burung tersebut, tapi apakah bisa," paparnya.
Menurutnya, kalau ada pawang burung pihaknya mau mencoba untuk mengendalikan burung burung yang lalu lalang di bandara. "Kalau ada pawang burung bisa dicoba mungkin lebih efektif untuk mengusir dan mengendalikan pergerakan burung burung itu," lanjutnya.
(Kompas)SUPPORT BY
Jumat, 02 Desember 2011
PT GMF AeroAsia Raih The Best International Marketing
PT GMF AeroAsia terpilih sebagai perusahaan yang mendapat Marketing Award 2011 untuk The Best Market Driving dan The Best International Marketing. Anugerah prestisius di dunia marketing Indonesia ini diberikan kepada perusahaan terbaik yang dinilai memiliki terobosan untuk mengenalkan produk dan layanan yang dihasilkan.
Pada ajang Marketing Award 2011 yang diselenggarakan Majalah Marketing dan Komunitas Marketing ini, GMF AeroAsia berhasil meraih dua dari enam kategori, yakni Market Driving, Innovation in Marketing, Marketing Campaign, Experiential Marketing, Social Marketing, dan International Marketing.
Penghargaan ini merupakan pengakuan atas terobosan pemasaran oleh GMF, baik di pasar nasional maupun global, kata Richard Budihadianto selaku Direktur Utama PT GMF AeroAsia, Rabu (30/11/2011) di Jakarta.
Anugerah ini diberikan ke perusahaan yang lolos seleksi dari seluruh perusahaan di Indonesia yang dinilai dan mampu menawarkan terobosan baru dalam pemasaran. GMF AeroAsia mendapat dua anugerah ini setelah lolos melalui tiga tahap seleksi.
Menurut Richard, penghargaan dari komunitas marketing nasional ini merupakan langkah maju bagi GMF AeroAsia yang menerjuni perawatan pesawat. Selama ini, bisnis perawatan pesawat belum terlalu dikenal di komunitas pemasaran Indonesia.
"Selain perusahaan yang terjun di bisnis ini di Indonesia tergolong sedikit, komunitas marketing nasional juga belum familiar dengan bisnis perawatan pesawat. Bahkan GMF AeroAsia sering kali dikaitkan dengan nama Garuda Indonesia sebagai induk perusahaan dan airline," kata Richard.
Dalam penilaian di ajang Marketing Award 2011 ini, GMF AeroAsia menerapkan strategi utama marketing yang terdiri dari market penetration di area domestik, market development ke luar negeri, dan franchise & foreign direct investment (FDI) di luar negeri.
"Untuk masuk ke pasar global, kita harus menjadi tuan rumah di pasar domestik," ujarnya.
Hingga saat ini, GMF AeroAsia masih tercatat sebagai pemimpin pasar perawatan pesawat nasional dengan penguasaan pasar nasional perawatan pesawat di atas lima puluh persen.
Sedangkan untuk menembus pasar internasional, GMF AeroAsia telah memiliki sertifikasi dari otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat, FAA, dan otoritas penerbangan sipil Eropa, EASA, yang sering kali dijadikan barometer perawatan pesawat.
Produk dan layanan yang dihasilkan oleh GMF AeroAsia telah menembus ke lebih dari 45 negara di lima benua dengan beragam perawatan untuk berbagai jenis pesawat.
Bahkan untuk perawatan pesawat B747 dan engine Roll Royce 183 Spey 555, GMF AeroAsia telah menjadi pemain dominan di tingkat pasar global, yang ditandai dengan global market share yang cukup signifikan.
Tingkat penerimaan pasar internasioanl terhadap GMF AeroAsia dapat dilihat dari keberhasilan GMF AeroAsia mendapatkan sejumlah kontrak kerja dengan beberapa maskapai asing, seperti di ajang Dubai Airshow 2011 pada pertengahan November 2011.
Dalam pameran skala global ini, GMF AeroAsia mendapat kepercayaan dari sejumlah maskapai asing yang berbasis di Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Eropa untuk menangani perawatan pesawat mereka.
"Untuk kontrak kerja sama perawatan di Dubai Airshow 2011 dengan jangka waktu antara 3 sampai 5 tahun, GMF menandatangani kontrak dengan potensi revenue sekitar 128 juta dollar AS," katanya.
(Kompas)
Pada ajang Marketing Award 2011 yang diselenggarakan Majalah Marketing dan Komunitas Marketing ini, GMF AeroAsia berhasil meraih dua dari enam kategori, yakni Market Driving, Innovation in Marketing, Marketing Campaign, Experiential Marketing, Social Marketing, dan International Marketing.
Penghargaan ini merupakan pengakuan atas terobosan pemasaran oleh GMF, baik di pasar nasional maupun global, kata Richard Budihadianto selaku Direktur Utama PT GMF AeroAsia, Rabu (30/11/2011) di Jakarta.
Anugerah ini diberikan ke perusahaan yang lolos seleksi dari seluruh perusahaan di Indonesia yang dinilai dan mampu menawarkan terobosan baru dalam pemasaran. GMF AeroAsia mendapat dua anugerah ini setelah lolos melalui tiga tahap seleksi.
Menurut Richard, penghargaan dari komunitas marketing nasional ini merupakan langkah maju bagi GMF AeroAsia yang menerjuni perawatan pesawat. Selama ini, bisnis perawatan pesawat belum terlalu dikenal di komunitas pemasaran Indonesia.
"Selain perusahaan yang terjun di bisnis ini di Indonesia tergolong sedikit, komunitas marketing nasional juga belum familiar dengan bisnis perawatan pesawat. Bahkan GMF AeroAsia sering kali dikaitkan dengan nama Garuda Indonesia sebagai induk perusahaan dan airline," kata Richard.
Dalam penilaian di ajang Marketing Award 2011 ini, GMF AeroAsia menerapkan strategi utama marketing yang terdiri dari market penetration di area domestik, market development ke luar negeri, dan franchise & foreign direct investment (FDI) di luar negeri.
"Untuk masuk ke pasar global, kita harus menjadi tuan rumah di pasar domestik," ujarnya.
Hingga saat ini, GMF AeroAsia masih tercatat sebagai pemimpin pasar perawatan pesawat nasional dengan penguasaan pasar nasional perawatan pesawat di atas lima puluh persen.
Sedangkan untuk menembus pasar internasional, GMF AeroAsia telah memiliki sertifikasi dari otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat, FAA, dan otoritas penerbangan sipil Eropa, EASA, yang sering kali dijadikan barometer perawatan pesawat.
Produk dan layanan yang dihasilkan oleh GMF AeroAsia telah menembus ke lebih dari 45 negara di lima benua dengan beragam perawatan untuk berbagai jenis pesawat.
Bahkan untuk perawatan pesawat B747 dan engine Roll Royce 183 Spey 555, GMF AeroAsia telah menjadi pemain dominan di tingkat pasar global, yang ditandai dengan global market share yang cukup signifikan.
Tingkat penerimaan pasar internasioanl terhadap GMF AeroAsia dapat dilihat dari keberhasilan GMF AeroAsia mendapatkan sejumlah kontrak kerja dengan beberapa maskapai asing, seperti di ajang Dubai Airshow 2011 pada pertengahan November 2011.
Dalam pameran skala global ini, GMF AeroAsia mendapat kepercayaan dari sejumlah maskapai asing yang berbasis di Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Eropa untuk menangani perawatan pesawat mereka.
"Untuk kontrak kerja sama perawatan di Dubai Airshow 2011 dengan jangka waktu antara 3 sampai 5 tahun, GMF menandatangani kontrak dengan potensi revenue sekitar 128 juta dollar AS," katanya.
(Kompas)
SUPPORT BY
setahun lagi ... Garuda kuasai penuh operasional terminal 2E dan 2F
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menargetkan akan menguasai operasional terminal 2E dan 2F di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta paling lambat awal 2013.
Target operasional Garuda melalui dua terminal di Bandara Soekarno-Hatta itu seiring dengan dimulainya aliansi global Sky Team pada awal 2013.
"Sky Team akan dimulai pada awal 2013, maka kami persiapkan sistemnya. Pada saat implementasi Sky Team sudah jadi semua sistem termasuk adanya terminal khusus yang terkoneksi langsung dengan anggota maskapai Sky Team," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar saat acara pemberian penghargaan bagi tim tenis Sea Games XXVI 2011, Selasa, 29 November.
Garuda memberikan uang tunai senilai total US$12.000 dan tiket penerbangan internasional tujuan Amsterdam, Australia, Jepang, dan China, dengan masing-masing dua tiket per orang.
Pada saat pemberian penghargaan ini disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, Ketua Umum PELTI Martina Widjaja dan Pembina Pelti Soebronto Laras serta Ketua INASOC Rahmat Gobel.
Emirsyah menambahkan nantinya seluruh penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta hanya dilayani dari Terminal 2E dan 2F. Hal ini sesuai hasil penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Angkasa Pura II. MoU berjangka waktu 1 tahun sejak ditandatangani, yakni menjadi 28 November 2012.
"Selama masa jangka waktu MoU ini, kami melakukan pembicaraan intens lagi dengan AP II. Kalau memang jangka waktunya sudah terlewati, masih bisa diperpanjang. Namun ditarget pada saat pelaksanaan Sky Team, sudah dapat dipakai," katanya.
Dengan dikuasainya terminal 2E dan 2F oleh Garuda, akan memindahkan maskapai-maskapai lainnya yang selama ini menggunakan terminal itu untuk menaik dan menurunkan penumpang.
"Nanti dipikirkan bersama bagaimana memindahkan maskapai lain, apakah akan dibangun terminal baru atau memfungsikan terminal 2D," katanya.
Deputi Senior General Manajer Bandara Soekarno-Hatta Mulya Abdi mengatakan saat ini ada 25 maskapai yang menggunakan terminal 2E. Terminal ini khusus penerbangan internasional. Untuk penerbangan dari terminal 2F, lanjutnya, hanya digunakan oleh Garuda Indonesia dan Merpati untuk penerbangan domestik.
"Nanti akan penataan ulang, soal perpindahan maskapai lain, akan dibahas kembali secara bersama-sama," kata Mulya.
PT Angkasa Pura II sebelumnya menetapkan Terminal 2E dan 2F Bandara Soekarno-Hatta khusus didedikasikan kepada maskapai Garuda Indonesia. Kebijakan berlaku sejak Senin (28/11).
Penetapan tersebut dikukuhkan dalam
nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak pada Senin, 28 November 2011 di Bali oleh Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Tri S. Sunoko dan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar.
Tri Sunoko menjelaskan kebijakan untuk menjadikan Terminal 2E dan 2F sebagai Dedicated Terminal Garuda Indonesia tersebut sebagai salah satu bentuk sinergi antar-Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam koridor peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan udara nasional.
"Nota kesepahaman ini akan menjadi dasar bagi kedua pihak dalam melaksanakan kerja sama yang saling menguntungkan untuk memanfaatkan kekuatan potensi masing-masing, serta membangun kemitraan strategis dalam melakukan implementasi peningkatan pelayanan dan penataan Terminal 2E dan 2F Bandara Soekarno-Hatta," kata Tri.
(Bisnis Indonesia)
SUPPORT BY
American Airlines, Maskapai Penerbangan Internasional di jurang kebangkrutan.
Maskapai penerbangan terbesar keempat dunia, American Airlines, tengah mengajukan perlindungan kebangkrutan di Pengadilan Pailit Amerika setelah tak sanggup lagi melunasi utang yang tinggi. Kinerja keuangan mereka rupanya diguncang biaya bahan bakar yang tinggi serta mahalnya gaji karyawan kontrak.
Associated Press mengabarkan, CEO American Airlines, Thomas W. Horton, mengatakan Dewan Direksi dengan suara bulat memutuskan untuk mengajukan kebangkrutan, Selasa, 29 November 2011. Dalam sidang pengajuan kepailitan pada Pengadilan Federal di New York, manajemen perusahaan itu mengaku memiliki utang tak terbayar sebesar US$ 29,6 miliar serta sisa aset US$ 24,7 miliar.
Dalam sidang itu , hakim memberikan izin American Airlines untuk tetap membayar bahan bakar, tenaga kerja, serta biaya kritis lain yang diperlukan untuk operasional. Perusahaan yang berbasis di Fort Worth Texas ini pun segera menghapus beberapa rute penerbangan yang tak menguntungkan. Namun, Horton tak memberi keterangan rinci mengenai hal itu.
Yang pasti, pengurangan rute penerbangan akan berdampak pada pemutusan hubungan kerja sebagian karyawan serta terganggunya layanan penerbangan berlangganan (frequent flyer). Saat ini American Airlines memiliki 78 ribu karyawan dan melayani 240 ribu penumpang per hari.
Sejak 2001, American Airlines rupanya telah merugi hingga lebih dari $ 12 miliar. Spekulasi tentang kebangkrutan mereka merebak pekan lalu saat perusahaan itu tidak mampu untuk memenangkan persetujuan pengurangan biaya tenaga kerja.
Padahal, dalam setahun American Airlines menghabiskan niaya US$ 600 juta untuk gaji karyawan dan US$ 800 juta untuk dana pensiun, dua kali lipat dibanding biaya yang ditanggung maskapai yang sekelas.
Namun, Horton menegaskan tak ada faktor tunggal yang menyebabkan kebangkrutan. Perusahaan harus memotong biaya karena melemahnya ekonomi global, naiknya harga bahan bakar, serta turunnya rating kredit yang sehingga biaya pinjaman naik.
(TEMPO.COM)
Kamis, 01 Desember 2011
DAFTAR PENERIMA KOMISI BIROTIKET Periode 01 Desember 2011
No | Tanggal | Username | Nama | Bank | Di Transfer |
1. | 01-12-2011 16:15:59 | mitraalya | mohamad ali | BRI | 301,000.00 |
2. | 01-12-2011 16:15:29 | baharuddin | baharuddin | BRI-UNIT TAMALANREA | 196,500.00 |
3. | 01-12-2011 16:15:11 | wahanatour | Wahana Tour & Travel | BRI-Pekalongan | 135,372.00 |
4. | 01-12-2011 16:14:54 | PaMaSya | pamasya | BRI | 2,446,820.00 |
5. | 01-12-2011 16:14:40 | sitinamirah | Khristison Kamil | BRI Unit Sumani Solo | 108,731.00 |
6. | 01-12-2011 16:13:53 | Gumilang | Gumilang Megasari | BRI | 2,224,727.00 |
7. | 01-12-2011 16:13:06 | e_travel5 | Baratayuda Travell | BRI - Karanganyar Pe | 125,690.00 |
8. | 01-12-2011 13:14:11 | multazam | mukhsir | MANDIRI - SURABAYA M | 505,000.00 |
9. | 01-12-2011 13:13:05 | abyan | afif islami | BNI UNSRI | 181,363.00 |
10. | 01-12-2011 13:11:29 | quanesha | qurrota ayun | bni-ui depok | 165,074.00 |
11. | 01-12-2011 13:10:01 | viptour | VIP Tours & Travel | BCA-Ciputat | 109,173.00 |
12. | 01-12-2011 13:08:37 | tiket88 | Andalas Travel | BCA-Ciputat | 141,630.00 |
13. | 01-12-2011 13:07:33 | arditara | Sukardi Limantoro | BANK BCA KCP AHMAD Y | 110,070.00 |
14. | 01-12-2011 13:06:16 | isytravel | yessy ariesandy maya | mandiri kendari-sult | 340,618.00 |
15. | 01-12-2011 13:05:21 | awin_wien | Edwin Yuniardy | BCA | 132,561.00 |
16. | 01-12-2011 13:04:30 | qdinara | agus triono | BCA Cabang Lemabang | 101,994.00 |
17. | 01-12-2011 13:03:32 | mahesa1 | sudono bin sudarsa/d | BNI-cirebon/BCA-pada | 104,550.00 |
18. | 01-12-2011 13:02:29 | trinitycorp | CISILIA GEBY SAPARI | bca-bina nusantara | 270,805.00 |
19. | 01-12-2011 13:01:43 | felawatitjan | Felawati Tjandra | BCA Gajah Mada | 126,500.00 |
20. | 01-12-2011 13:00:57 | bernartdous | bernartdous sugihart | bank central asia | 102,392.00 |
21. | 01-12-2011 12:59:51 | SHITS | Support Marketing Bi | BNI Cabang Bekasi | 120,618.00 |
22. | 01-12-2011 12:58:26 | travel12 | Ishak_FKM_GZ UH | BNI cabang Unhas | 107,899.00 |
23. | 01-12-2011 12:57:19 | milah | Nurmilah Sari | BNI KANTOR CAPEM PUR | 102,307.00 |
24. | 01-12-2011 12:56:12 | yourticket | Panorama Tour & Trav | BNI - Bekasi | 104,600.00 |
25. | 01-12-2011 12:55:11 | Cahaya | Nurcahyo | PT.BANK MANDIRI CABA | 106,353.00 |
26. | 01-12-2011 12:54:13 | Hamidi | Muamal Hamidi | BNI-Tamalanrea | 101,026.00 |
27. | 01-12-2011 12:53:08 | fernando | fernando salu | MANDIRI CAB. BIAK | 127,260.00 |
28. | 01-12-2011 12:52:10 | Rexto | TARIAT | PT. Bank Mandiri Cab | 118,736.00 |
29. | 01-12-2011 12:51:03 | cagunja | ADMINISTRATOR-01 | BNI Cabang Bekasi | 134,307.00 |
30. | 01-12-2011 12:49:43 | donnysitorus | donnysitorus | BNI Cab. Palangkaray | 108,203.00 |
31. | 01-12-2011 12:47:15 | dewimm | Dewi Puspita Sari | BCA PURWOSARI | 153,493.00 |
32. | 01-12-2011 12:45:57 | daudrina | Rina | Mandiri cabang balik | 122,373.00 |
33. | 01-12-2011 12:45:10 | bisniskita | M. Iqbal Sain | BNI Cabang Bekasi | 119,675.00 |
34. | 01-12-2011 12:44:06 | riko_rb | Riko Ramadhano B | Mandiri Hos Cokroami | 105,293.00 |
35. | 01-12-2011 12:42:15 | bisnisku | Mitra Anda | BNI Cabang Bekasi | 121,927.00 |
36. | 01-12-2011 12:41:00 | bisnisbiasa | Tasya D.S. | BNI Cabang Bekasi | 249,990.00 |
37. | 01-12-2011 12:39:42 | termurah | Diah R. | BNI Cabang Bekasi | 196,529.00 |
38. | 01-12-2011 12:37:40 | umihasbi | Umi Jariyah | BNI Cabang Tanjungpi | 116,632.00 |
39. | 01-12-2011 12:36:41 | admin | zety musthafa | BNI Cabang kediri | 109,025.00 |
40. | 01-12-2011 12:36:26 | agentiket | Jaenal Asrori | BNI | 313,494.00 |
41. | 01-12-2011 12:35:21 | intansetya | Intan Setyaningsih | Bank Mandiri | 172,018.00 |
42. | 01-12-2011 12:34:15 | azzamumtaza | SAIFUDIN ASHARI | BNI SYARIAH CAB BANJ | 100,776.00 |
43. | 01-12-2011 12:32:42 | sheillarubby | sheilla nova santhya | bca margorejo ; mand | 131,800.00 |
44. | 01-12-2011 12:31:36 | zatravel | zatravel | BCA | 107,924.00 |
45. | 01-12-2011 12:30:34 | srihati | srihati | mandiri | 107,993.00 |
46. | 01-12-2011 12:28:46 | metro06 | Virgo Travel & Tours | BCA - Ciputat | 203,364.00 |
47. | 01-12-2011 12:26:31 | sandratiket | Ardana Affarsan | BNI Cabang Bulukumba | 112,035.00 |
48. | 01-12-2011 12:23:51 | ranirahmani | Kus Sri Rahmani | Mandiri - Balai Pust | 997,218.00 |
49. | 01-12-2011 12:22:24 | Alang2 | Mety | Mandiri | 101,140.00 |
50. | 01-12-2011 12:21:09 | suparman22 | Suparman | Bank Mandiri Cab. PL | 101,337.00 |
51. | 01-12-2011 12:19:08 | budi995 | Budi Hartono Hendra | BCA | 103,561.00 |
52. | 01-12-2011 12:17:04 | lindra3 | Lindra | BCA | 124,147.00 |
53. | 01-12-2011 12:16:09 | metro05 | Hidayah Travel | BCA - Ciputat | 160,195.00 |
54. | 01-12-2011 12:15:09 | daftar | Ridho Al Tundungkury | BNI Syariah-Makassar | 143,833.00 |
55. | 01-12-2011 12:14:04 | lisa_travel | Lisa Pratiwi Payanga | BNI - Mattoangin | 182,109.00 |
56. | 01-12-2011 12:12:14 | Chrisly | Chrisly | BCA - Mulyosari | 117,332.00 |
57. | 01-12-2011 12:11:12 | Delis | Listiawati | BCA - SUNIARAJA BAND | 103,140.00 |
58. | 01-12-2011 12:10:10 | foctakhalisa | Fina Octakhalisa | BCA-Cab.Pejaten | 383,977.00 |
59. | 01-12-2011 12:09:08 | abtiket | Agen Biro Tiket | BCA-Duta Mas Fatmawa | 141,290.00 |
60. | 01-12-2011 12:08:11 | thetim | fatimah | bca balikpapan | 1,223,232.00 |
61. | 01-12-2011 11:55:20 | simbol_on | Opri Simbolon | Bank BCA | 288,594.00 |
62. | 01-12-2011 11:48:08 | ftc_ticket | aheng | mandiri-cab s. pakni | 101,693.00 |
63. | 01-12-2011 11:47:17 | davieduff | Davina F.S | BCA - Pucang | 153,993.00 |
64. | 01-12-2011 11:46:13 | biro88 | Asia Travelmart | BCA-Ciputat | 152,480.00 |
65. | 01-12-2011 11:45:00 | blesstravel | Deny Yanto A | BCA Modernland Tange | 106,681.00 |
66. | 01-12-2011 11:43:50 | verra.taft | edrawati | bank mandiri | 360,500.00 |
67. | 01-12-2011 11:40:22 | metro88 | Dynamic Travel | BCA-Ciputat | 179,328.00 |
68. | 01-12-2011 11:38:45 | 0.00 | |||
69. | 01-12-2011 11:37:34 | sgngnurhadi | sugeng nurhadi | BCA Denpasar | 102,318.00 |
70. | 01-12-2011 11:36:27 | sangalim | Muhammad Nur Alim | BCA-Mukakuning | 112,501.00 |
71. | 01-12-2011 11:33:08 | tomoborneo | Untung Sutomo | BCA KCP Citra Garden | 140,877.00 |
72. | 01-12-2011 11:31:35 | bullet_tiqa | Andi Athiqah Hidayah | BCA-Panakkukang | 136,225.00 |
73. | 01-12-2011 11:30:18 | joinbt | muhammad maksum | BCA KCP Purwosari | 135,762.00 |
74. | 01-12-2011 11:28:20 | Bfarlo | Benny Farlo | Mandiri-Pusri Palemb | 129,302.00 |
75. | 01-12-2011 11:24:11 | agenku | sultan transasmoko | MANDIRI KCP MAKASSAR | 128,560.00 |
76. | 01-12-2011 11:23:18 | metro | Metro Holiday Tours | BCA-Ciputat | 172,452.00 |
77. | 01-12-2011 11:22:12 | WARUNGtiket | WARUNG TIKET | bca ahmad yani makas | 685,060.00 |
78. | 01-12-2011 11:21:10 | angkasajaya | sutikno | BCA kcp Jajag banyuw | 101,700.00 |
79. | 01-12-2011 11:20:12 | yudhatravel | yudanengsih | Mandiri | 112,239.00 |
80. | 01-12-2011 11:19:18 | asiatour | Asia Tours | BCA | 133,173.00 |
81. | 01-12-2011 11:18:25 | dotcom | Bali Travel | BCA-Jakarta | 126,745.00 |
82. | 01-12-2011 11:17:29 | order | Yanto Avianto | MANDIRI cab. Jakart | 135,609.00 |
83. | 01-12-2011 11:10:41 | master5 | Heri Purnomo | BCA | 160,946.00 |
84. | 01-12-2011 11:09:39 | master | Heri Purnomo | BCA Kediri | 232,424.00 |
85. | 01-12-2011 11:08:48 | master4 | Heri Purnomo | bca | 111,088.00 |
86. | 01-12-2011 11:07:33 | master2 | Heri Purnomo | BCA | 132,778.00 |
87. | 01-12-2011 11:06:33 | master1 | HERI PURNOMO | BCA | 116,837.00 |
88. | 01-12-2011 11:04:58 | BANJIRDUIT-3 | RAMLI, SE | MANDIRI-PETTARANI | 134,851.00 |
89. | 01-12-2011 11:00:26 | sedekah_tour | Ridho Agribisnis Unh | BNI Syariah-Makassar | 141,999.00 |
90. | 01-12-2011 10:52:09 | antatiket | ANTA UTAMA | BCA Jakarta | 130,600.00 |
91. | 01-12-2011 10:49:23 | asiatravel | Asia Travel | BCA Jakarta | 130,821.00 |
92. | 01-12-2011 10:48:18 | txtravel | TX Travel | BCA Senayan | 214,772.00 |
93. | 01-12-2011 10:47:21 | asiatiket | Asia Tiket | BCA-Senayan | 211,053.00 |
94. | 01-12-2011 10:46:00 | newasia | Asia Travel | BCA | 334,751.00 |
95. | 01-12-2011 10:45:07 | grahatiket | Graha Tiket | BCA Ratu Plaza | 266,910.00 |
96. | 01-12-2011 10:44:17 | asiatours | Asia Tours | BCA Jakarta | 215,797.00 |
97. | 01-12-2011 10:42:48 | signup | Terminal Tiket | BCA | 285,431.00 |
98. | 01-12-2011 10:41:23 | agentiket01 | Biro Tiket | BCA-BLITAR | 122,592.00 |
99. | 01-12-2011 10:39:04 | budi99 | Budi Hartono Hendra | BCA - Plasa Sentral, | 144,829.00 |
100. | 01-12-2011 10:37:43 | FHtravel | faiq | BCA | 154,793.00 |
101. | 01-12-2011 10:34:05 | fhtravel1 | faiq | BCA | 238,102.00 |
102. | 01-12-2011 10:30:34 | jawara | Budi Hartono Hendra | BCA Cab. Plasa Sentr | 129,004.00 |
103. | 01-12-2011 10:22:50 | banjirduit2 | Muhammad Iqbal S. | BNI Cabang Bekasi | 149,602.00 |
104. | 01-12-2011 10:21:17 | ahmadbone_st | ahmad, st | BNI Cabang Teluk Kua | 105,345.00 |
105. | 01-12-2011 10:17:36 | agen150ribu | M. Iqbal Sain | BNI Cabang Bekasi | 125,863.00 |
106. | 01-12-2011 09:56:57 | REGENCYTIKET | RAMLI,SE | MANDIRI-PETTARANI | 105,472.00 |
107. | 01-12-2011 09:23:40 | Melantono | D. Melantono Lahanjo | Mandiri | 107,610.00 |
108. | 01-12-2011 09:07:30 | REIHAMTRAVEL | REIHAM RAMLI | MANDIRI-PETTARANI | 146,602.00 |
109. | 01-12-2011 09:06:32 | BANJIRDUIT-4 | RAMLI,SE | MANDIRI-PETTARANI | 129,613.00 |
110. | 01-12-2011 08:59:30 | BANJIRDUIT-C | RAMLI, SE | MANDIRI PETTARANI | 143,806.00 |
111. | 01-12-2011 08:58:34 | BANJIRDUIT-A | RAMLI,SE | MANDIRI PETTARANI | 100,524.00 |
112. | 01-12-2011 08:57:39 | ANTHYTRAVEL | ARIYANTI ARIEF, SKM | MANDIRI-PETTARANI | 226,281.00 |
113. | 01-12-2011 08:55:45 | budi999 | Budi Hartono Hendra | BCA Cab. Plasa Sentr | 107,807.00 |
114. | 01-12-2011 08:54:12 | barakatravel | Muhammad Haikal | Mandiri | 128,100.00 |
115. | 01-12-2011 08:53:04 | ujmbjm | nurrahman | mandiri banjarmasin | 128,820.00 |
116. | 01-12-2011 08:47:11 | athinoy | Yanthi Yunita | Bank Mandiri cabang | 139,516.00 |
117. | 01-12-2011 08:40:04 | rosie | Ketut Rosiani | BCA - Sesetan | 100,500.00 |
118. | 01-12-2011 08:29:50 | sariairin | sariatin | Mandiri cab. Balikpa | 434,600.00 |
119. | 01-12-2011 08:27:44 | jasmine | Harris Rinaldi | MANDIRI-Batam Sekupa | 119,461.00 |
120. | 01-12-2011 08:23:59 | KartikaDewi | Kartika Dewi | BNI | 107,600.00 |
121. | 01-12-2011 08:22:41 | J-Ticket | Jonathan Huwae | bank Mandiri cabang | 136,298.00 |
122. | 01-12-2011 08:19:48 | manexs77 | yohanes imanuel telu | BNI | 105,267.00 |
123. | 01-12-2011 08:18:39 | R_Travelindo | Ridho Al Tundungkury | BNI Syariah Pettaran | 196,240.00 |
124. | 01-12-2011 08:17:25 | ispp_jkt | d.susianto | BCA-islamik karawaci | 109,249.00 |
125. | 01-12-2011 08:15:44 | planet | Planet Tiket | BCA - Ciputat | 121,320.00 |
126. | 01-12-2011 08:08:27 | radye-tiket | MULYONO | mandiri - batam | 397,760.00 |
127. | 01-12-2011 08:06:21 | ILAGALIGO-09 | RUSYIDI | BCA | 103,575.00 |
128. | 01-12-2011 08:04:42 | ILAGALIGO-10 | RUSYIDI | BCA | 124,290.00 |
129. | 01-12-2011 07:59:05 | gerbong88 | Andi Sahrun | BNI | 120,000.00 |
Hingga saat ini kami telah membayar komisi sebesar :
Rp. 1,010,584,051.00
SUPPORT BY
Garuda Indonesia Dukung Pesta Danau Toba
Perusahaan penerbangan nasional, Garuda Indonesia mendukung pelaksanaan Pesta Danau Toba 2011 yang akan digelar 27-30 Desember mendatang di Prapat. Garuda Indonesia akan menyemarakkan PDT dengan menggelar even bertajuk Garuda Indonesia Fun Bike 28 Desember mendatang.
Keikutsertaan Garuda Indonesia dalam mendukung PDT 2011 dipastikan saat pertemuan Panitia PDT 2011, yang diwakili Nurlisa Ginting (Sekretaris Umum), Dewi Juita Purba (Sekretariat) dan Aswin Ginting bersama General Manager Garuda Indonesia Cabang Medan, Muchwendy dan Widya Pramono (sales) di kantor Garuda Indonesia Cabang Medan Jalan Mongosidi, Jumat (25/11) lalu.
Menurut Nurlisa Ginting, penyelenggaraan PDT yang kian dekat ini perlu terus dimatangkan dengan berbagai konsep kegiatan yang telah direncanakan. Begitu juga dengan dukungan dari berbagai stakeholders pariwisata yang selama ini telah menjadi mitra Pemprovsu dalam menggalakkan dunia pariwisata Sumut.
"Keterlibatan Garuda Indonesia dalam Pesta Danau Toba Indonesia dengan menggelar acara Garuda Indonesia Fun Bike tentu sangat baik sekali. Apalagi kegiatan ini nantinya dapat menambahkan serangkaian acara dan juga melibatkan peserta dari komunitas sepeda di Medan dan daerah lainnya," terangnya Senin (28/11).
(Harian Sumut Pos)
SUPPORT BY
Penumpang Panik Karena iPhone 4 Terbakar di Pesawat,
Para penumpang di sebuah maskapai penerbangan regional Australia dilanda panik ketika mendarat gara-gara sebuah iPhone 4. Handset besutan Apple yang dibawa seorang penumpang itu tiba-tiba terbakar.
Seperti dikutip detikINET dari DailyMail, Selasa (29/11/2011), iPhone 4 tersebut mengeluarkan cukup banyak asap. Beruntung, awak kabin segera sigap memadamkannya sehingga tidak ada kecelakaan terjadi.
Insiden bersangkutan terjadi dalam penerbangan maskapai Regional Express yang terbang dari Lismore menuju Sydney. Belum jelas apa penyebab iPhone tersebut tiba-tiba saja terbakar dan tidak diidentifikasi apakah handset itu iPhone 4 ataukah iPhone 4S.
Namun kuat dugaan biang keladinya terletak di komponen baterai. Kejadian iPhone terbakar memang bukan pertama kalinya ini terjadi. Di Perancis, pernah ada laporan baterai iPhone 3GS overheat dan rusak.
Adapun insiden di Australia tersebut saat ini masih diinvestigasi. Maskapai Regional Express telah melaporkannya ke lembaga keselamatan transportasi Australian Transport Safety Bureau dan Civil Aviation Safety.
(detikInet)
SUPPORT BY
Woww..... Pilot Qantas Berbuat Asusila dengan Penumpang di atas Pesawat.
Maskapai penerbangan Australia, Qantas tengah menyelidiki seorang pilotnya yang dilaporkan bercumbu dengan salah seorang penumpang wanita saat penerbangan ke Australia. Kejadian itu terjadi di dalam pesawat Airbus A380 dalam perjalanan dari London, Inggris menuju Australia.
Menurut sumber-sumber seperti dilansir Herald Sun, Selasa (29/11/2011), saat kejadian pada Jumat, 25 November lalu, pilot Qantas itu duduk di kelas bisnis pesawat bernomor penerbangan QF32.
Saat itu, para penumpang kelas bisnis dikagetkan dengan tingkah pilot yang mabuk asmara itu. Selama penerbangan, pria itu terus duduk di pangkuan seorang penumpang wanita kelas bisnis. Kedua insan itu pun asyik bercumbu, tak peduli dengan keadaan sekitar.
Adegan itu dilakukan di bagian premium mewah pesawat di mana kursinya dilengkapi dengan partisi untuk privasi. Pilot tersebut saat itu sedang tidak bertugas dan tidak mengenakan seragam pilotnya.
Pilot tersebut sempat ditegur dua kali oleh kru pesawat karena para penumpang terganggu oleh perbuatannya. Setelah dikomplain berulang kali, sang pilot akhirnya pindah ke kelas ekonomi meninggalkan penumpang wanita tersebut.
Wanita itu akhirnya turun dari pesawat setelah tiba di Singapura. Pilot itu pun kemudian kembali duduk di kabin kelas bisnis saat pesawat kembali melanjutkan perjalanan ke Sydney, Australia.
Belum jelas apakah pilot tersebut telah mengenal wanita itu sebelum naik pesawat atau apakah saat itu dia sedang mabuk usai meminum anggur yang ditawarkan untuk para penumpang kelas bisnis.
Juru bicara Qantas membenarkan insiden tersebut. "Qantas tahu mengenai insiden yang melibatkan seorang anggota kru yang sedang bepergian dengan pesawat QF32. Masalah ini tengah diselidiki secara internal sesuai kebijakan Qantas," kata juru bicara tersebut.
Organisasi Asosiasi Pilot Australia dan Internasional (AIPA) bertekad akan membela pilot tersebut. Wakil Presiden AIPA Kapten Richard Woodward mengatakan, dirinya telah mendengar insiden itu dan tengah mengumpulkan keterangan lebih detail.
"Hak-hak anggota ini, sama seperti yang lainnya, akan dibela oleh AIPA jika memang diperlukan," tegas Woodward.
(detikNews)
Menurut sumber-sumber seperti dilansir Herald Sun, Selasa (29/11/2011), saat kejadian pada Jumat, 25 November lalu, pilot Qantas itu duduk di kelas bisnis pesawat bernomor penerbangan QF32.
Saat itu, para penumpang kelas bisnis dikagetkan dengan tingkah pilot yang mabuk asmara itu. Selama penerbangan, pria itu terus duduk di pangkuan seorang penumpang wanita kelas bisnis. Kedua insan itu pun asyik bercumbu, tak peduli dengan keadaan sekitar.
Adegan itu dilakukan di bagian premium mewah pesawat di mana kursinya dilengkapi dengan partisi untuk privasi. Pilot tersebut saat itu sedang tidak bertugas dan tidak mengenakan seragam pilotnya.
Pilot tersebut sempat ditegur dua kali oleh kru pesawat karena para penumpang terganggu oleh perbuatannya. Setelah dikomplain berulang kali, sang pilot akhirnya pindah ke kelas ekonomi meninggalkan penumpang wanita tersebut.
Wanita itu akhirnya turun dari pesawat setelah tiba di Singapura. Pilot itu pun kemudian kembali duduk di kabin kelas bisnis saat pesawat kembali melanjutkan perjalanan ke Sydney, Australia.
Belum jelas apakah pilot tersebut telah mengenal wanita itu sebelum naik pesawat atau apakah saat itu dia sedang mabuk usai meminum anggur yang ditawarkan untuk para penumpang kelas bisnis.
Juru bicara Qantas membenarkan insiden tersebut. "Qantas tahu mengenai insiden yang melibatkan seorang anggota kru yang sedang bepergian dengan pesawat QF32. Masalah ini tengah diselidiki secara internal sesuai kebijakan Qantas," kata juru bicara tersebut.
Organisasi Asosiasi Pilot Australia dan Internasional (AIPA) bertekad akan membela pilot tersebut. Wakil Presiden AIPA Kapten Richard Woodward mengatakan, dirinya telah mendengar insiden itu dan tengah mengumpulkan keterangan lebih detail.
"Hak-hak anggota ini, sama seperti yang lainnya, akan dibela oleh AIPA jika memang diperlukan," tegas Woodward.
(detikNews)
SUPPORT BY
Langganan:
Postingan (Atom)