|
|







|
|
Tingginya harga bahan bakar dan kondisi ekonomi global yang tidak pasti, membuat industri penerbangan harus mengencangkan ikat pinggang. Namun, beberapa berhasil bertahan, bahkan mencatatkan prestasinya.
World Airline Awards memberikan penghargaan untuk 10 maskapai penerbangan internasional terbaik dunia. Penelitian yang dilakukan perusahaan riset pasar Inggris Skytrax, memeringkat berdasarkan kepuasan pelanggan, baik di kelas satu, bisnis dan ekonomi.
Mereka mensurvei lebih dari 18 juta penumpang pesawat seluruh dunia. Survei ini meliputi 38 aspek individu untuk layanan penerbangan, seperti check-in, boarding, kenyamanan kursi, kebersihan, makanan dan minuman dan layanan staf.
Jadi, apa saja yang menjadi maskapai penerbangan terbaik di dunia?
10. Malaysia Airlines – Kuala Lumpur
Dengan armada 84 pesawat, Malaysia Airlines berada di 10 besar perusahaan penerbangan terbaik dunia, setelah berada di posisi 12 tahun lalu. Maskapai ini pernah mencapai peringkat enam pada 2008. Maskapai ini juga memenangkan penghargaan tertinggi bagi staf kabin terbaik dan hidangan katering terbaik dengan menu sate tahun ini.
Didirikan pada 1947, Malaysia Airlines adalah salah satu operator tertua dan telah menjalani perbaikan besar untuk memodernisasi armada. Ini menjadi berita utama awal bulan ini ketika menerima penyerahan pertama Airbus A380 di Farnborough Airshow. Pesawat A380 adalah satu dari empat pesawat Malaysia Airlines yang ditunggu tahun ini, dengan dua lagi akan dikirim pada 2013.
A380 merupakan kunci strategi untuk membalikkan pendapatan suram dari perusahaan penerbangan itu. Pada Mei, perusahaan melaporkan rugi bersih kuartal pertama hampir US$ 54,6 juta, lebih kecil dari kerugian US$ 76 juta pada periode yang sama 2011. Pada 2011, maskapai ini telah melaporkan kerugian lebih dari US$ 793 juta, terbesar dalam sejarahnya.
9. Thai Airways -Bangkok
Dengan 90 armadanya, Thai Airways berada di peringkat sembilan tahun ini, setelah berada di lima besar pada 2011. Pada 2006, maskapai ini mendapat penghargaan tertinggi sebagai maskapai terbaik dunia dan turun ke posisi kedua setahun kemudian.
Perusahaan, yang sebagian dimiliki pemerintah Thailand, didirikan pada 1960. Dikenal dengan staf kabin yang ramah, Thai Airways adalah salah satu maskapai penerbangan internasional yang mengharuskan pramugari mengganti setelan ungu ke gaun tradisional Thailand sebelum boarding penumpang. Maskapai yang populer di Thailand ini, mendapat lebih dari 3.600 pelamar untuk 370 posisi awak kabin Juli lalu.
Tahun ini menjadi salah satu transisi, setelah mencapai hit besar selama bencana banjir yang menghancurkan ekonomi Thailand pada akhir 2011. Laba bersih dari US$ 113 juta pada tiga bulan pertama tahun ini, melonjak 500% dari tahun sebelumnya.
8. Emirates – Dubai
Emirates, maskapai terbesar di Timur Tengah dengan 174 armada, naik dua peringkat ke 8, dari posisi 10 pada 2011. Maskapai ini memenangkan penghargaan terbaik untuk hiburan dalam penerbangan, delapan tahun berturut-turut, ditunjang pilihan hiburan yang naik menjadi 1.200 saluran dan 280 film.
Didirikan pada 1985, maskapai milik pemerintah ini mengoperasikan lebih dari 1.200 penerbangan dari Dubai setiap pekan. Ini adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar dunia untuk jumlah penumpang dan pelanggan terbesar superjumbo A380 Airbus.
Ekspansi yang cepat dari Emirates telah mengubah Dubai menjadi pusat perjalanan antarbenua dengan volume tinggi. Pada November 2011, maskapai ini membuat sejarah dengan mengumumkan pesanan pesawat Boeing terbesar dalam dolar, dengan membeli 50 pesawat baru sebesar US$ 18 miliar.
Namun pada Mei tahun ini, maskapai ini melaporkan penurunan 72% pada laba 2011, karena meroketnya harga bahan bakar memangkas laba. Biaya bahan bakar naik 44% menjadi US$ 6,6 miliar, dan maskapai mengatakan bahwa biaya itu harus diteruskan ke pelanggan.
7. Turkish Airlines – Istanbul
Turkish Airlines adalah satu-satunya maskapai penerbangan Eropa di daftar maskapai penerbangan terbaik dunia untuk tahun kedua berturut-turut. Dengan 184 armada, perusahaan naik dua tempat setelah menembus 10 besar pertama kalinya pada 2011.
Didirikan pada 1933, maskapai ini mengalami transformasi cukup besar sejak pemerintah mencurahkan lebih dari separuh sahamnya pada 2003. Turkish Airlines telah mengadopsi strategi pemasaran agresif beberapa tahun terakhir. Iklan televisi untuk maskapai ini menampilkan wajah dunia, termasuk atlet NBA Kobe Byrant, tim sepak bola Manchester United, atlet tenis Caroline Wozniacki, serta Kevin Costner.
Tahun ini, operator ini memenangkan penghargaan untuk kursi ekonomi premium terbaik, dua tahun berturut-turut dan berada di posisi kedua dunia untuk kategori katering terbaik. Jumlah penumpang melonjak 20% secara tahunan menjadi 17,7 juta orang dalam enam bulan pertama 2012, meskipun sempat membatalkan 104 penerbangan pada 29 Mei.
6. Etihad Airways –Abu Dhabi
Etihad Airways berada di posisis keenam dua tahun beruturt-turut dan mempertahankan peringkat teratas untuk kabin dan katering kelas satu terbaik dunia. Di kelas satu, maskapai ini menawarkan kursi dengan sistem pijat, yang dilapisi kulit untuk interior Ferrari. Penumpang di kelas satu dan bisnis juga mendapatkan layanan sopir gratis di belasan kota seluruh dunia.
Selain itu, Etihad mengumumkan bulan lalu bahwa ia membeli 200 ekor ayam betina dan tiga kandang untuk memproduksi telur organik dan madu demi melayani penumpang. Hal ini dalam upaya menarik pelanggan dari operator rival di Teluk.
Dengan armada yang relatif kecil hanya 66 pesawat, Etihad mirip dengan maskapai nasional Emirates, yang memiliki 174 pesawat, dalam mengoperasikan lebih dari 1.000 penerbangan per minggu dari basisnya di Abu Dhabi.
Pada Desember, maskapai menaikkan kepemilikannya di Air Berlin menjadi hampir 30% dari hanya di bawah 3%, membayar hampir US$ 90 juta, serta meminjamkan maskapai tersebut US$ 255 juta dalam kesepakatan tersebut. Penawaran terbaru lainnya termasuk saham di maskapai penerbangan Irlandia Aer Lingus dan Virgin Australia.
5. All Nippon Airways –Tokyo
All Nippon Airways (ANA) berada di urutan kelima, melompat enam tingkat dari 2011. Maskapai dengan 226 armada ini menempati urutan kedua dunia untuk layanan darat terbaik dan di posisi ketiga untuk kelas satu terbaik. Maskapai ini telah memodernisasi 55 armada. Salah satunya dengan menawarkan tekanan kabin yang lebih tinggi dan kelembaban untuk membuat terbang lebih nyaman.
Menghadapi persaingan yang ketat, maskapai ini mengumumkan akan menaikkan penjualan saham senilai US$ 2,6 miliar, untuk membeli pesawat baru dan memperkuat keuangan. Langkah ini dilakukan sebelum rival Japan Airlines meluncurkan penawaran umum perdana sekitar US$ 8 miliar di September.
4. Cathay Pacific Airways – Hong Kong
Maskapai terbesar keempat Asia dari nilai pasar ini berada di posisi yang sama tahun lalu. Rencana senilai US$ 128 juta untuk merubah kabin kelas bisnisnya telah membuahkan hasil, karena maskapai dengan 138 armada ini memenangkan penghargaan kelas bisnis terbaik. Selain nomor dua dunia untuk hiburan dalam penerbangan.
Tingginya harga bahan bakar telah memaksa maskapai ini untuk memangkas biaya dan memprediksi bahwa pendapatan kuartal pertama 2012 bisa mengecewakan. Beberapa tindakan pemotongan biaya, termasuk pengurangan kapasitas penumpang dan kargo, pengetatan aggaran bahan bakar pesawat pada penerbangan jarak jauh dan menempatkan menghentikan perekrutan pada staf lapangan.
Namun, Cathay masih berencana memperluas armadanya tahun ini. Pekan lalu, mengumumkan rencana untuk membeli 26 pesawat baru widebody A350-1000 dari Airbus senilai sekitar US$ 4,2 miliar pada daftar harga. Kesepakatan itu masih harus disetujui dewan pada pertemuan Agustus.
3. Singapore Airlines – Singapura
Singapore Airlines turun satu tempat ke posisi maskapai terbaik ketiga dunia. Dengan citra mewah dan berada di peringkat kedua dunia untuk penerbangan kelas satu, Singapore Airlines dengan 105 armadanya berada di posisi teratas tahun ini untuk penerbangan dan katering kelas ekonomi terbaik.
Namun, operator terbesar kedua dunia berdasarkan nilai pasar tengah berjuang, dengan anjloknya jumlah penumpang beberapa bulan terakhir. Maskapai ini melaporkan kerugian yang tidak terduga pada kuartal pertama tahun ini, pertama kali sejak krisis keuangan global pada 2009.
Pada Mei, Singapore Airlines menyatakan akan menangguhkan layanan ke Abu Dhabi dan Athena pada 26 Oktober karena melemahnya permintaan. Untuk berkompetisi, Singapore Airlines meluncurkan penerbangan jarak jauh Scoot dan memperluas kapasitas maskapai penerbangan regional SilkAir.
2. Asiana Airlines – Seoul
Menyalip Singapore Airlines, Asiana Airlines dengan 75 armadanya, beringsut mendekati posisi puncak yang sempat diraih pada 2010. Sebagai salah satu dari dua operator besar di Korea Selatan, Asiana adalah satu dari enam maskapai penerbangan dunia yang mendapat status bintang lima oleh Skytrax.
Maskapai ini menawarkan layanan unik, seperti ruang tunggu bandara khusus untuk penumpang penyandang cacat di Bandara Internasional Incheon, pertunjukan sulap dalam penerbangan. Tahun ini, Asiana mendapat penghargaan untuk kelas ekonomi dan posisi kedua untuk staf kabin terbaik.
Tingginya harga bahan bakar dan biaya konsumen menaikkan telah menyebabkan perusahaan penerbangan mengumumkan kenaikan tarif rata-rata 9,9% untuk wisatawan domestik pada 3 Agustus, kenaikan pertama sejak 2004. Maskapai ini akan menaikkan harga Senin untuk penerbangan Kamis sebesar 6%, sementara biaya penerbangan akhir pekan akan melompat 12% dan untuk liburan, 15%.
1. Qatar Airways – Doha
Qatar Airways menjadi maskapai terbaik dunia untuk dua tahun berturut-turut. Didirikan pada 1994, maskapai dengan 108 armada ini separuhnya dimiliki dana kekayaan Qatar Investment Authority. Maskapai ini mengoperasikan armada termuda dunia, dengan usia pesawat rata-rata empat tahun.
Qatar Airways menambah lebih dari 10 pesawat untuk armadanya tahun lalu, dan memiliki pesanan lebih dari 250 pesawat Boeing dan Airbus. Ini menjadi berita utama di Farnborough Airshow ketika meluncurkan andalannya Boeing 787 Dreamliner, 10 diantaranya akan diterima dalam waktu dua tahun.
Awal bulan ini, maskapai sedang mempertimbangkan mensponsori klub Liga Utama Inggris sepak bola setelah didekati oleh dua tim. Sementara CEO Akbar Al Baker tidak menyebutkan nama tim yang diminati, laporan menunjukkan klub-klub yang dipilih mungkin Liverpool dan Tottenham.
(Inilah.com)
Air China baru-baru ini meluncurkan layanan imigrasi "Fast Track" untuk bandara di Roma dan Milan. Para penumpang First Class/Business Class dan anggota PhoenixMiles Platinum dalam penerbangan Roma-Beijing yang dioperasikan oleh Air China serta penumpang First Class/Business Class dalam penerbangan Milan-Beijing/Shanghai yang dioperasikan oleh Air China dapat menuju lokasi khusus yang diberikan tanda "FAST TRACK PASS", di mana mereka harus memiliki visa yang masih berlaku untuk memenuhi syarat layanan tersebut.
Layanan ini menghindari penumpang dari masalah saat mengantri untuk menunggu visa.
Sekarang layanan ini tersedia di berbagai bandara di luar negeri di enam kota, antara lain Sydney, Melbourne, Paris, Tokyo, Roma dan Milan, dan Air China akan membuat peningkatan pada layanan ini, menjadikannya sebagai "track truly for the privileged few".
Tentang Air China
Air China adalah satu-satunya maskapai penerbangan nasional China dan anggota Star Alliance. Selain operasi komersialnya, maskapai ini juga memberikan layanan penerbangan untuk para pemimpin negara dalam kunjungan resminya ke negara lain.
Dengan armada 290 pesawat Airbus dan Boeing, kami menjalankan 282 rute, di 30 negara dan wilayah. Berkat keanggotaan kami di Star Alliance, jaringan rute kami, dengan Beijing sebagai pusatnya, mampu menjangkau 1.160 tujuan di 181 negara.
(Antaranews)
|
|
|
|
|
|
Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengungkapkan, penghargaan itu menunjukkan kinerja Garuda Indonesia semakin diakui di tingkat internasional. Setelah sebelumnya berhasil menjadi maskapai bintang empat dan pada 2010 ditetapkan sebagai The World's Most Improved Airline oleh Skytrax.
"Selain ditetapkan sebagai The World's Best Regional Airline, Garuda juga terpilih sebagai The Best Regional Airline in Asia," kata Emirsyah dalam siaran persnya.
Penyerahan award sebagai The World's Best Regional Airline tersebut dilakukan oleh CEO Skytrax Edward Plaisted kepada Emirsyah Satar pada acara yang dilaksanakan di Cody Room Hall 1 Farnborouh Airshow.
Penetapan tersebut didasarkan pada survei kepuasan pelanggan yang melibatkan lebih dari 18 juta penumpang dari 100 kewarnegaraan yang berbeda-beda.
Survei dilaksanakan terhadap lebih dari 200 perusahaan penerbangan internasional terbesar hingga penerbangan tingkat domestik dan mengukur lebih dari 38 aspek produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan. Survei dilaksanakan mulai bulan Juli 2011 hingga Juni 2012.
"Ini adalah hasil kerja keras seluruh karyawan Garuda. Ini juga mendorong Garuda untuk terus melanjutkan program Quantum Leap dimana Garuda akan menjadi airline bintang lima, dan akan mengoperasikan 194 pesawat pada tahun 2015 nanti," kata Emirsyah.
Tindakan pencurian bagasi penumpang seringkali terjadi di beberapa bandara di Indonesia, termasuk di bandara kelas internasional seperti bandara Soekarno-Hatta. Resleting dirusak, badan koper dirobek dan perusakan lainnya kerap ditemukan penumpang yang mengaku kecurian barang dari dalam koper yang masuk di bagasi pesawat. Meski segala cara sudah dilakukan, termasuk dari pihak maskapai penerbangan, hal ini masih cukup sering terjadi.
Tidak banyak tindakan preventif yang dapat dilakukan calon penumpang selain mengembok koper atau barang bawaan lainnya. Namun kita dapat berusaha mengurangi resiko pencurian barang dari dalam bagasi pesawat, serta tindakan apa saja yang sebaiknya diambil ketika mengalami kejadian ini.
Bungkus Koper dengan Plastic Foil
Trik mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan koper adalah dengan menggunakan plastic foil. Bungkus koper atau tas travel Anda dengan plastic foil yang biasa dijual di pasar swalayan. Bila tidak ada, plastic foil bisa diganti dengan kantong plastik. Mungkin akan memberi kesan aneh pada koper Anda tapi keamanan barang bawaan Anda lebih penting.
Balutan dari plastic foil yang cukup ketat akan cukup sulit dan perlu waktu untuk membukanya, sehingga si pencuri akan berpikir dua kali sebelum merusak koper/tas Anda dan mencuri isinya. Jangan membungkus koper hanya dengan satu lapisan plastic foil tapi bungkus beberapa kali dan menutup bagian-bagian yang menurut Anda mudah dirobek atau digunting. Plastic foil juga berguna untuk mengamankan bagian tali tas/koper yang sering tersangkut di ban berjalan (conveyor belt) dan menjadi rusak.
Melaporkan Kerusakan
Jika semua tindakan preventif sudah dilakukan tapi Anda masih mengalami pencurian dan perusakan koper/tas bawaan Anda, segeralah melapor kepada pihak maskapa penerbangan. Beberapa maskapai hanya membuka waktu pengaduan kerusakan, pencurian atau kehilangan barang dalam bagasi pesawat hanya beberapa jam saja sejak pesawat mendarat. Anda bisa mengadukan kejadian ini kepada staff pengaduan maskapai penerbangan yang ada di bandara.
Bila Anda ingin mengadukan kerusakan pada tas/koper bawaan Anda dan bukan pencurian, maka sebaiknya pastikan dulu tingkat kerusakannya. Maskapai penerbangan tidak akan bersedia menerima pengaduan Anda bila hanya menyangkut kerusakan kecil, seperti resleting rusak, roda koper macet, pegangan koper lepas dan yang lainnya. Karena kejadian ini sulit dibuktikan apakah benar barang bawaan Anda rusak selama penerbangan atau sudah rusak sebelumnya.
Perbedaan Aturan
Yang juga harus diperhatikan disini adalah peraturan dari tiap maskapai penerbangan. Karena setiap maskapai memberlakukan aturan yang berbeda-beda. Maskapai asal Jerman, Lufthansa misalnya membatasi batas pengaduan penumpang selama 7 hari semenjak penerbangan, bila penumpang mengadukan kerusakan atau sejenisnya setelah lewat dari 7 hari maka pihak maskapai tidak akan menanggapi keluhan ini.
Sementara maskapai dalam negeri, dalam hal ini Garuda Indonesia (GA) bahkan tidak memberikan waktu lama bagi penumpang domestik. Dalam kebijakannya, GA mengharuskan penumpang yang merasa kecurian barang dari dalam bagasinya untuk melapor pada saat itu juga, saat penumpang masih berada di sekitar lokasi pengambilan bagasi. GA tidak bersedia menerima pengaduan pencurian bila penumpang sudah berada di luar wilayah bandara. Kebijakan yang sama diberlakukan oleh seluruh maskapai penerbangan di Indonesia. Jadi bila Anda menemukan bagasi yang rusak, robek atau hal mencurigakan lainnya, segera bongkar koper/tas Anda dan periksa apakah ada barang yang hilang. Bila ada, segera laporkan kepada pihak maskapai penerbangan Anda pada saat itu juga.
|
|